Mengukur Popularitas Blog

Saya akan kembali menulis tentang tips-tips blog, yaitu cara mengukur popularitas blog. Seperti apa caranya, teruskan membaca tulisan ini sampai selesai. Bismillahirrahmanirrahim…

Tidak seperti mengukur harga blog, tidak ada patokan khusus seberapa populer blogmu. Namun jangan kecewa, karena saya telah menemukan sebuah cara yang lebih mudah untuk mengukurnya. Sebelumnya saya berterima kasih kepada Guru Go! yang telah membantu saya.

Popularitas blog umumnya diukur dengan Page Rank. Page Rank menyatakan “seberapa pentingkah blogmu” di mata search engine. Semakin banyak pengunjung, semakin tinggi Page Rank, yang akhirnya akan berimbas pada naiknya harga blog. Blog yang sehari dikunjungi rata-rata 20 orang tentu berbeda yang sehari rata-rata dikunjungi 90 orang.

Cara kedua : Jumlah pengunjung harian dan lama rata-rata pengunjung. Ini sangat penting untuk melihat apakah blogmu disukai orang atau tidak. Bila seseorang merasa match dengan isi blogmu, mereka akan membaca lebih lama daripada mereka yang tidak suka. Juga bila blogmu bagus dan kamu pintar mengatur kata kunci dan judul, pengunjung juga akan banyak masuk dari Google atau search engine lainnya.

Cara Ketiga : Rata-rata Page Views. Berkaitan sangat erat dengan cara kedua. Bisa ditingkatkan dengan memasang judul yang menarik dan bikin penasaran, serta memasanng “Related Post” atau semacamnya.

Mungkin ada yang punya cara lain ? Beritahu saya lewat komentar

Iklan

8 Komentar

Filed under Tips Blog

8 responses to “Mengukur Popularitas Blog

  1. Saya bingung dik, kok kamu berterimakasih sama saya emang saya sudah kasih kamu apa? He..3x

  2. @ guru : soalnya saya dapat ide menulis artikel ini setelah liat widget google PR di blognya pak guru

  3. Page Rankmu kan masih nol, berarti kurang populer dong. 😀

    Semangat!

  4. Berarti dengan kata lain dik Indra mau mengatakan bahwa blog saya, http://www.gurugo.blogspot.com tidak terkenal? Soalnya PR-nya juga nol. Begitukah? Ya dibantu promosiin dong, biar terkenal. he..3x Nuwun…

  5. Bukan gitu guru. Yg penting isinya, bkn popularitas.

  6. Wah sekarang Mulai nulis SEO, bagus lah, tulisan yang sangat menarik

  7. Sedang menghindari jeratan UUD blogger

  8. Hehehe…ini postingan tentang meningkatkan traffic yang sederhana, tapi sering dilupakan orang. Banyak yang mengukur popularitas dengan Alexa Rank, padahal, Alexa tidak mencerminkan 100% pengunjung kita, kecuali kita masang script Alexa di blog kita. Klo pake hostingan sendiri, data dari AWSTAT lebih akurat…:)

    (udah di komentari kan? hehehehe…sekarang boleh dong minta pasang link saya di blogroll nya.heheheh..)

Silahkan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s