Mandiri Saja Tidak Cukup

Kita semua tahu, supaya Indonesia bisa unjuk gigi Indonesia harus mandiri. Kabar baiknya, Indonesia sudah mandiri. Kalau saja kita mau membuka mata, telinga, hati, dan pikiran, lihat sekitar kita, banyak inovasi anak-anak Indonesia, bukan satu, tapi ada banyak sekali.

Dari kalangan IT pasti tahu wajanbolic, temuan anak bangsa asli. Yang terakhir adalah penemuan mobil Gea, mobil kecil hemat bahan bakar. Yang tidak kalah menarik adalah ubin dari pelepah pisang, pestisida alami dari bawang dan bahan lain. Indonesia bahkan sudah mampu membuat banyak robot yang diakui dunia. Indonesia sudah mampu membuat TV, Tape, Laptop, Komputer, Mobil, bahkan bandara mereka sendiri (di Lombok, Medan, Makassar) dengan tangan sendiri dengan konstruksi yang luar biasa indahnya.

Bukankah kita sudah cukup mandiri ? Beras sudah swasembada, gula sudah cukup, segala tumbuhan bisa hidup di Indonesia. Kalau begitu kenapa kita masih import ? Bukannya memberikan motivasi dan dukungan kepada produksi dalam negeri. Bila kita import, kita sudah memupus kesempatan bangsa kita yang mandiri untuk unjuk gigi.

Kesimpulannya, mandiri saja tidak cukup. Kita harus memberi kesempatan pada mereka-mereka yang mandiri untuk membuktikan kebolehan mereka. Bila hal ini terus menerus, kita tidak butuh lagi import televisi, mobil, motor, laptop, beras, gula, dan yang lainnya karena kita bisa memproduksinya sendiri. Dilihat dari sisi ekonomi, ini jelas menguntungkan karena biaya jelas akan lebih murah. Bila kualitasnya bagus dan kemudian diekspor, kita bisa menjadi Amerika Serikat berikutnya. Langkah awal yang sangat baik adalah pelunasan hutang IMF dan pembubaran CGI.

Dari blog INdra !

Foto : Bandara Selaparang Lombok

Dari blog INdra !

Foto : Bandara Sultan Hasanuddian Makassar

Dari blog INdra !

Foto : Bandara Kuanalamu Medan

Dari blog INdra !

Foto : Bandara Walter Monginsidi Kendari
Sumber foto : http://akhyari.blog.friendster.com/

Bila ada dan berkenan, mohon beri tanggapan.

Iklan

2 Komentar

Filed under Kemandirian, Opini, Solusi Indonesia

2 responses to “Mandiri Saja Tidak Cukup

  1. Udah tak add di direktori tukar link q nih,segera d pasang yah backlink nya

  2. ya sepakat tapi kita juga harus bisa mandiri suatu saat nanti

Silahkan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s