Lurus dan Rapatkan Shaf

Sejak kita masih SD, guru agama kita sudah mengajarkan bagaimana cara sholat yang benar. Saya yakin kita semua tahu bagaimana cara sholat yang benar, tapi ada satu hal sepele yang sering kali terlupa saat kita sholat berjama’ah : Lurus dan rapatkan shaf

Alhamdulillah, di sekolah saya, yang namanya Lurus dan Rapatkan Shaf sangat diperhatikan sekali. Pernah pada suatu kesempatan, sholat Idul Adha di sekolah saya tidak kunjung pada Takbiratul Ikhram karena shaf belum rapat. Di sekolah saya, budaya “Lurus dan Rapatkan” benar-benar diterapkan secara tertib, seperti peraturan tidak tertulis.

Namun di masyarakat, sering kita lihat banyak shaf yang tidak lurus dan rapat. Padahal sebelum shalat, imam selalu berkata : “Lurus dan rapatkan shaf, karena lurus dan rapatnya shaf termasuk salah satu bagian dari kesempurnaan shalat”.

Nabi Muhammad SAW bersabda : “Benar-benar kalian luruskan shaf-shaf kalian atau (kalau tidak), maka sungguh Allah akan memalingkan antar wajah-wajah kalian (menjadikan wajah-wajah kalian berselisih).” (HR. Al-Bukhariy no.717 dan Muslim 436))

Jadi, Lurus dan Rapatkan Shaf Kalian

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Islam

Silahkan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s