Yang Di Jalan Harap Sabar

Kemacetan sering menjadi masalah buat mereka yang sering berada di jalanan. Saat ini berbagai kendaraan memadati jalan-jalan, mulai dari becak, motor, mobil, hingga bus kota.

Yang sangat disayangkan, tidak semua orang punya sifat tenggang rasa dengan keadaan seperti itu. Bukannya bersabar, mereka malah bersikap egois. Mereka tan-tin-tan-tin seenankya (baca : menekan klakson), padahal di depannya ada kemacetan sepanjang puluhan hingga ratusan meter.

Dalam kasus ini, menekan klakson sekeras dan selama apapun tidak akan menyelesaikan masalah, lha wong jalannya saja sudah macet, terus mau diapain lagi ? Yang bisa kita lakukan hanyalah bersabar dan menunggu minimal Supeltas, Polantas, PKS (Polisi Keamanan Sekolah) atau siapa saja yang bertugas mengatur lalu lintas.

Ini berbeda sekali dengan yang pernah diceritakan guru saya sewaktu beliau berkunjung ke Australia. Meskipun di Aussie ada beberapa perempatan yang tidak punya traffic light, lalu lintas tetap tertib. Tidak ada yang saling mendahului, semua mengerti prioritas masing-masing. Dan yang lebih menarik, tidak ada yang namanya tan-tin-tan-tin sembarangan (baca : menekan klakson). Kalau di Indonesia, sebelum lampu hijau pun sudah tan-tin-tan-tin.

Jadi tolong, bagi pembaca, janganlah egois. Pikirkan juga kepentingan orang lain. Jalan milik umum, dipakai bareng-bareng, manfaatnya dirasakan bersama-sama, bukan punya anda sendiri.

Iklan

2 Komentar

Filed under Diary

2 responses to “Yang Di Jalan Harap Sabar

  1. Terkadang yang bikin macet tuh rasa ingin menang sendiri, lampu merah hajar sampai akhirnya menyebabkan kemacetan pada semuanya.

  2. Disiplin sangat penting

Silahkan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s