Mengulas Fitur Disable Pada Tune Up Utilities 2012

Setelah menunggu-nunggu, akhirnya saya bisa mengunduh Tune Up terbaru, yaitu versi 2012. Saya berharap banyak paa Tune Up versi baru ini, karena di setiap versinya, Tune Up selalu menyajikan fitur-fitur baru, kalaupun tidak ada, pasti ada peningkatan yang berati di fitur lama yang telah ada.

Dan ternyata, Tune Up tidak mengecewakan saya. Ketika saya pertama kali menjajal program ini, saya langsung ditawari Tune Up untuk “menidurkan” beberapa program yang tidak terpakai melalui fitur yang dinamakan Disable. Bagaimana cara kerja fitur ini ? Ayo lanjut bacanya đŸ˜€

Screen Shot Tune Up Saat Baru Dibuka

Screen Shot Tune Up Saat Baru Dibuka

Ketika menjalankan Tune Up, fitur Disabled langsung nampang, yaitu di kiri atas, untuk menjalankannya, klik Disable

Klik di daerah yang ditunjuk panah

Setelah di-klik, akan muncul seperti ini

Tampilan Tune Up Disable

Tampilan Tune Up Disable

Inilah tampilan Tune Up Disable. Di jendela ini, akan terpampang program-program di komputer anda yang dapat menyebabkan “system load”, yaitu program yang memakan memori sehingga komputer akan terasa lebih lambat. Prinsip kerja Tune Up Disable adalah menstop program yang anda Disable-kan selama program itu tidak digunakan.

(NB : Di screenshot, banyak program yang telah ter-disable, karena screenshot ini diambil dari komputer tempat saya bekerja. Nama software dan kondisi program mungkin berbeda tergantung komputer masing-masing).

Lalu apa bedanya dengan menutup program ? Bukankah program itu sudah tidak berjalan lagi ?

Anda benar, namun hanya dengan menutup program, bukan berarti program itu tidak memakan memori. Sama halnya dengan listrik, kalau anda mematikan sebuah perangkat elektronik namun tidak mencabut kabel daya dari sumber listriknya, listrik tetap mengalir walaupun sedikit. Nah, kira-kira seperti itulah cara kerja Tune Up Disable, ia membantu kita untuk “mencabut kabel daya” suatu program.

Penasaran ? Mari kita mulai.

Klik seperti yang ditunjukkan oleh gambar

Nanti akan keluar seperti ini :

Pilih salah satu, dan program yang anda pilih telah berhasil ter-disable. Tandanya adalah bila di keterangan “Current Status” telah berubah dari “Permanently Enabled” menjadi “Disabled until program start-up” atau “Disabled until idling or program restart” . Namun saya masih belum mengerti perbedaan antara “Close and disable program now” dengan “Disable when program is closed”. Mungkin kalau pembaca lebih tahu bisa menambahkan nantinya.

Ketika Tune Up mendisable program anda, misalkan karena statusnya “Idle” (tidak terpakai), maka akan muncul pop-up di System Tray Icon (Pojok Kanan Bawah)

Semoga bisa membantu sampeyan dalam mempercepat komputer :).

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Komputer

Silahkan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s