Majalah Detik : Gratis dan (Cukup) Mengenyangkan

Berita baik untuk anak kos atau siapa saja yang hobi membaca, karena sekarang ada majalah gratis dengan kualitas cukup bagus, yaitu majalah detik terbitan harian digital terpopuler Indonesia detikcom.

Kamu cukup mengakses majalah.detik.com untuk bisa segera menikmati majalah detik. Majalah ini bisa diunduh gratis, tanpa bayar (kecuali akses internet yang tetap harus bayar, kecuali pakai WiFi, hehe :D).

Walau gratis, tapi isinya nggak murahan. Sekilas saya merasa bahwa majalah ini mirip dengan majalah berita mingguan Tempo, suasana khas majalah Tempo, seperti tampak di cover depan, halaman depan, hampir mirip dengan Tempo. Perbedaan yang saya rasakan adalah Font yang lebih besar dan bahasanya lebih ringan dibandingkan Tempo. Mungkin hal ini didasari dari pembaca harian detik yang datang dari banyak kalangan, maka majalahnya pun dibuat dengan bahasa yang lebih ringan. Walau mirip, ada rubrik khas majalah Detik, yaitu rubrik berita komik dan rubrik lensa yang isinya hasil fotografi. Oya, Majalah Detik menggunakan tag “Majalah Berita & Gaya Hidup”

Bagi yang terbiasa membaca majalah Tempo, maka anda akan merasa “kenyang” disuguhi analisis-analisis wartawan Tempo yang cukup dalam. Hal itu tidak akan terlalu dirasakan ketika anda membaca majalah detik, walaupun memang setiap berita yang ditulis selalu disuguhi dengan analisis-analisis, namun tidak setajam analisis dari wartawan Tempo. Namun untuk kelas majalah gratis, hal ini sudah sangat bagus, karena saya banyak menemukan majalah maupun ebook gratis di internet, namun isinya memang “murahan”.

Tampilan Website Majalah Detik

Majalah detik semuanya berformat digital, ada yang format PDF dengan ukuran sekitar 20 MB, dan untuk versi tablet (iPad/Android) ukurannya besar , sekitar 120 MB. Kok beda jauh sekali ? Memang. Namun di versi digital, ditambah gambar yang kualitasnya apik, plus ada video-video maupun animasi yang memang dirancang agar pengalaman membaca majalah ini menjadi lebih nyaman.

Yang mau download, langsung saja meluncur ke majalah.detik.com . Bagi pengguna iPad harus mendownload dulu aplikasi majalah detik di AppStore, begitupun dengan pengguna Android.

Intinya, saya menganggap bahwa majalah ini layak baca dan layak download. Sepadan lah dengan ukuran lumayan gede yang harus didownload, dan kita akan mendapatkan majalah yang benar-benar “berbicara” untuk kita, dengan animasi, video dan gambar yang hidup. Sebelum download, pastikan kuota internet masih tersedia, daripada kena Densus 64 (FUP) karena kuota udah abis 😀 . Buat yang pakai koneksi CDMA yang terkenal kenceng, murah dan kuotanya gendut, “kawinkan” saja laptop atau komputermu dengan modem CDMA-mu menjadi WiFi dengan software Connectify, terus downloadnya pakai WiFi itu. Ngebut deh !

Berikut saya sertakan beberapa screenshot dari majalah Detik yang saya ambil dari edisi terbitan 27 Agustus 2012 berjudul “Galau Memindah Ibukota” :

Rubrik Fotografi

Berita Komik. Ini salah satu ciri khas Majalah Detik

Salah satu tampilan interaktif. Bila di-tap (di versi iPad/Android) maka video akan memutar, nggak perlu buffering lagi, karena sudah termasuk dalam paket 100 MB yang didownload

Rubrik Gaya Hidup. Juga dengan tampilan interaktif

Berita utama ditampilkan dalam rubrik “Fokus” . Screenshot ini saya ambil dari Majalah Detik terbitan 27 Agustus 2012 yang berjudul “Galau Memindah Ibukota”

Iklan

4 Komentar

Filed under E-book, Gratis, indonesia, Internet

4 responses to “Majalah Detik : Gratis dan (Cukup) Mengenyangkan

  1. Sarwiadi

    Majalah Detik, tak kulewatkan walau hanya sedetik!

  2. sugiyarti

    Kenapa tidak bisa di download via hp ya, sebelumnya saya berhasil mendownloadnya untuk edisi bupati aceng

Silahkan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s