Kartun Fisika, Cara Asyik Belajar Fisika

Suatu hari ketika kuliah Faal (Fisiologi Kedokteran) tentang Biofisika, dosen saya menunjukkan daftar referensi yang digunakan untuk menyusun kuliah hari itu. Referensi yang digunakan antara lain buku standar fisiologi kedokteran seperti Guyton and Hall – Textbook of Medical Physiology, Gannong – Review of Medical Physiology, Sherwood – Human Physiology, namun ada satu referensi yang menarik saya : Larry Gonick – Kartun Fisika. Memang, pelajaran hari itu seperti mengulang sekilas tentang Fisika sewaktu SMA. Saya penasaran dan segera berburu informasi mengenai buku satu ini.

Buku ini awalnya diterbitkan dalam bahasa Inggris dengan judul A Cartoon Guide to Physics. Di Indonesia, buku ini telah diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia dengan judul Kartun Fisika, diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia. Begitulah yang tertulis dalam review dari Google Books.

Di SMA, Fisika sering dianggap sebagai pelajaran yang sulit, saya sendiri sempat frustasi dengan proyeksi gaya dan rotasi saat kelas 2 SMA. Alhamdulillah, saya bisa melewatinya. Saran saya untuk adik-adik yang kesulitan belajar fisika, coba terus, gagal lagi, coba terus, sampai kamu bisa. Tidak semua orang bisa memahami pelajaran hanya dalam sekali belajar, ada yang baru paham setelah belajar dua kali, tiga kali, atau empat kali. Pahami konsep Fisika itu, jangan malas berpikir.

Saya rasa kartun Fisika ini cukup menarik, karena itu saya mau sharing sekilas yang saya temukan. Saya tidak bisa menemukan versi ebook gratisnya, yang bisa saya temukan adalah review dari Google Books di link ini.  Berikut beberapa screenshot-nya :

Dan ada gombalannya juga lho :p

Saya juga menemukan satu kartun Fisika tentang Fisika Listrik, dari blog Esther Siam

 

Sekian sharing dari saya. Jangan bosan belajar Fisika, apalagi buat yang mau masuk Fakultas Kedokteran atau Teknik. Walau sekilas kita tidak melihat kegunaan Fisika dalam kehidupan sehari-hari, sebenarnya kehidupan sekeliling kita berjalan dengan hukum Fisika berlaku di dalamnya, termasuk dalam menulis blog ini 🙂 . Semakin kalian menjalani hidup akan semakin terasa manfaat belajar Fisika. Selamat belajar 🙂

Referensi :

Google Books. 2012. http://books.google.co.id/books?id=7xECyFRO1hMC&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Siam, Esther. 2012. http://acartoonguidetophysics.blogspot.com/

Tinggalkan komentar

Filed under Fakultas Kedokteran, Kedokteran, Pendidikan, Tips anak SMA

Silahkan berkomentar

