Tommy Sugiarto, Ahli Mem-PHP Lawannya

Saya punya pendapat sendiri untuk pebulutangkis Indonesia Tommy Sugiarto. Bagi saya, anak legenda bulutangkis Indonesia Icuk Sugiarto ini adalah ahli dalam mem-PHP (Pemberi Harapan Palsu) lawan-lawannya.

Bagaimana tidak ? Tommy sering tertinggal duluan saat bermain. Seringkali ia tertinggal dengan skor yang cukup jauh terlebih dahulu, bahkan pernah tertinggal dulu 6-0, tapi pada akhirnya dia yang selalu menang. Benar-benar ahli mematahkan harapan lawan ! Lawan yang mungkin sejak awal mengira Tommy adalah pemain yang mudah dikalahkan pada akhirnya dia sendiri yang terkejut oleh kekalahan yang ia terima dari Tommy.

Fenomena ini pertama saya amati saat turnamen Indonesia Open GPG 2012 di Palembang. Ketika itu pertandingan Tommy Sugiarto vs Tian Houwei, di set pertama, Tommy sempat tertinggal cukup jauh 7-3 di set 1, namun pada akhirnya Tommy memenangkan set 1 dengan skor 21-15. Tommy mampu mengejar ketertinggalannya dan akhirnya menang.

Masih di Indonesia Open GPG 2012, ada pertandingan Tommy Sugiarto vs Goh Soon Huat (Malaysia). Di set 1, Tommy sempat tertinggal 5-1 dan 8-3 dari pemain Malaysia ini, sebelum akhirnya Tommy berhasil memenangkan set 1 dengan skor 21-16. Tommy pun akhirnya menang tiga set melawan Goh Soon Huat. Sayangnya di pertandingan selanjutnya, Tommy kalah oleh Gao Huan.

Di Taipei Open GPG, kemampuan Tommy untuk mem-PHP lawan terlihat lagi saat bertanding melawan Kok Hong Woon (Malaysia). Sempat tertinggal 5-0 di set pertama, akhirnya Tommy menang 21-16 di set pertama dan akhirnya menang straight. Sayang Tommy harus tersingkir cepat setelah kalah melawan pemain Malaysia Mohammad Arif Abdul Latif yang pernah dikalahkannya lima kali.

Tommy Sugiarto adalah salah satu pebulutangkis Indonesia yang sudah kenyang pengalaman di usia yang masih muda. Secara ranking, ia memang masih kalah dengan Simon Santoso, Taufik Hidayat dan Dionysius Hayom Rumbaka, namun saya percaya Tommy hanya butuh sebentar waktu saja agar bisa merangsek ke pebulutangkis peringkat atas dunia.

Pernah masuk pelatnas, Tommy lantas keluar pada 2010 karena menurut berita yang saya baca, Tommy kurang mendapatkan pengalaman bertanding di turnamen-turnamen internasional. Ketika ia keluar dari pelatnas, ia masih ranking 127 dunia. Dua tahun kemudian di tahun 2012, ia bahkan bisa mencapai peringkat 17 dunia setelah mengikuti banyak turnamen dan menjuarai beberapa di antaranya, salah satunya Taipei Open 2011.

Tetaplah berjuang, Tommy Sugiarto ! Tetaplah bermain konsisten dan kalahkan semua lawan-lawanmu. Kelak kau akan bisa menyusul ayahmu, Icuk Sugiarto menjadi juara dunia πŸ™‚

Tommy Sugiarto

Iklan

2 Komentar

Filed under Badminton

2 responses to “Tommy Sugiarto, Ahli Mem-PHP Lawannya

  1. Lina

    Thanks mas untuk blognya, membaca blog ini ternyata msh ada yg mendukungnya dan berpikir positive untuknya. tommy hanya butuh support dan doaa.. Maju trus Bulu Tangkis Indonesia!!

Silahkan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s