Hasil Semifinal Taipei Open GPG 2012

Hasil yang positif berhasil diraih oleh Indonesia dalam turnamen Taipei Open Grand Prix Gold 2012. Kecuali untuk nomor tunggal putra, Indonesia meloloskan setidaknya satu wakil di nomor lainnya, bahkan Indonesia sudah pasti menjuarai nomor ganda putri karena akan terjadi All-Indonesian Finals.

Pasangan Rijal/Susanto memastikan langkah ke final setelah mengalahkan pasangan senegaranya Riky Widianto/Puspita Richi Dili straight set 21-14 21-15. Di final mereka akan bertemu Lee Chun Hei/Chau Hoi Wah yang sukses mengalahkan pasangan Malaysia Ong Jian Guo/Khe Wei Woon.

Lewat perjuangan yang panjang, seru (dan mungkin melelahkan), Lindaweni “Liwe” Fanetri berhasil mengandaskan tuan rumah Pai Hsiao Ma dengan menang rubber set 21-14 19-21 dan 21-10. Pertandingan ini diwarnai dengan kejar-kejaran poin sejak di set pertama. Namun tuan rumah hanya bisa mengemas 14 poin di set pertama sebelum akhirnya sisa poin direbut oleh Liwe yang menang 21-14 di set pertama. Di set kedua, kejar-kejaran poin jauh lebih seru lagi, Liwe sempat unggul 9-6 lalu dikejar tuan rumah. Tuan rumah sempat unggul 17-14 sebelum Liwe mengejarnya hingga skor menjadi sama 19-19, sayangnya Liwe gagal menang straight set karena di set kedua ini ia kalah 21-19. Di set ketiga, Liwe yang sepertinya punya keunggulan stamina berhasil menggebrak langsung. Liwe sempat unggul 6-0, 10-4, dan setelah tuan rumah mengemas 10 poin, tuan rumah tidak mampu menambah perolehan poin sehingga Liwe Fanetri menang 21-10 di set ketiga. Di final, ia akan bertemu dengan unggulan satu dari tuan rumah Tai Tzu Ying yang berhasil maju setelah menang susah payah melawan Yip Pui Yin (Hong Kong). Selamat berjuang Kak Liwe, semoga berhasil menjadi juara :D.

Pasangan Malaysia Kah Ming Chooi/Yao Han Ow sempat membuat fans Indonesia khawatir pasangan ganda putra mereka Angga Pratama/Rian Agung Saputro tidak bisa melaju ke final, karena permainan Malaysia yang sangat menggebrak sejak awal. Malaysia bahkan sempat meraih game point terlebih dahulu di poin 20-17, sebelum akhirnya Angga/Rian berhasil menghidupkan lagi harapan setelah menyamakan kedudukan dan berhasil menang 25-23 di set pertama. Kemenangan Indonesia di set kedua 21-18 memastikan Indonesia maju ke final.

Wisnu Yuli Prasetyo yang di perempat final mampu menjegal raksasa Hong Kong Hu Yun kali ini gagal melaju setelah kalah straight set melawan wakil tuan rumah Tien Chen Chou. Kalah 21-8 di set pertama, setidaknya Wisnu tidak kalah memalukan di set kedua setelah “hanya kalah” 23-21.

Di ganda putri, Pia Zebadiah Bernadeth/Rizki Amelia Pradipta memaksa pebulutangkis putri Malaysia Khe Wei Woon menelan kekalahan keduanya hari ini. Setelah kalah bersama Ong Jian Guo, Wei Woon harus kalah lagi bersama Vivian Kah Mun Hoo straight set 21-15 21-15. Set kedua pertandingan ini cukup seru, karena setelah Pia/Rizki unggul 8-1, kesalahan demi kesalahan dibuat pasangan Indonesia sehingga Malaysia berhasil menyalip. Duel seru pun terjadi, disertai hujan smash. Si cantik Rizki Amelia sempat membuat penonton khawatir dengan dua kali terjatuh dengan posisi jatuh yang berbahaya (mengingatkan saya pada cedera yang diderita Lee Chong Wei saat melawan Peter Gade di Thomas Cup sehingga Chong Wei harus istirahat tiga bulan). Untungnya tidak terjadi apa-apa pada pebulutangkis kelahiran Solo ini, bahkan dengan smash-smashnya ia berhasil mengandaskan perlawanan Malaysia di set kedua dengan skor 21-15. Di final nanti pasangan ini akan bertemu dengan pemenang pertandingan Gebby/Tiara vs Suci/Della. All-Indonesian Finals di ganda putri, Indonesia sudah pasti menang di nomor ganda putri :D.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Badminton

Silahkan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s