Siapakah Chen Qingcheng ?

Siapakah Chen Qingcheng ? Seorang pemudi yang umurnya bahkan masih seumuran anak SMA yang mampu membuat kejutan di Indonesia Open GPG 2012 lalu ?

Saat ini Cina tidak hanya adidaya dalam hal ekonomi. Dalam hal olahraga mereka pun menunjukkan kedigdayaannya, terutama dalam olahraga atletik dan bulutangkis. Pebulutangkis Cina tidak peduli berapa umurnya, berapa ranking dunianya, di nomor apa dia bermain tetap saja membahayakan lawan.

bzi_chen_huang

Salah satunya adalah Chen Qingcheng yang membuat kejutan di Indonesia Open GPG 2012.

Bermain di nomor ganda putri bersama Huang Dongping, ia berhasil mencapai semifinal, padahal Indonesia Open GPG 2012 ini adalah turnamen senior pertamanya. Tahu berapa umur pasangan ini ? Chen Qingcheng masih berumur 15 tahun (ia lahir tanggal 23 Juni 1997) !!! Pasangannya, Huang Dongping juga masih berumur 17 tahun (lahir 20 Januari 1995). Ranking dunia mereka ? Saat mereka bermain di turnamen ini mereka belum punya ranking karena ini adalah turnamen senior pertama mereka. Pada rilis peringkat BWF terbaru tanggal 4 Oktober 2012, mereka menempati peringkat 145 dunia. Untuk ranking pebulutangkis junior dari BWF yang dirilis 4 Oktober 2012, Chen Qingcheng menempati peringkat 37 dunia.

Sepak terjang Chen/Huang di Indonesia Open GPG terbilang mengesankan. Mereka mengalahkan pasangan ganda putri Indonesia Maretha Dea Geovani/Rosyita Eka Putri Sari, Anggia Shitta Awanda/Devi A Shela dan yang paling mengesankan mereka berhasil menyingkirkan unggulan 7 asal Jepang Yonemoto Koharu/Yuriko Miki sebelum akhirnya harus mengakhiri perjuangan mereka di semifinal setelah takluk dari Hye Won Eom/Jang Ye Na yang akhirnya menjadi runner-up turnamen ini.

Chen Qingcheng juga tercatat di situs BWF pernah bermain di Badminton Asia Championships U19 bersama Liu Yuchen (ganda campuran) dan He Jiaxin (ganda putri).

Bila pasangan yang semuda ini sudah bisa merepotkan para pasangan yang lebih tua dari mereka, bayangkan apa yang bisa dilakukan pemain ini saat mereka mencapai umur 20 tahun nanti ? Indonesia harus bisa lebih baik lagi !!! Ayo Indonesia !!!

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Badminton

Silahkan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s