Kalau Pengalaman Berbicara, (Harusnya) Timnas Indonesia Akan Segera Menang

Sengketa sepakbola di tanah air mengakibatkan timnas –yang seharusnya diperkuat oleh anak bangsa terbaik– tampil tanpa kekuatan terbaiknya. Saat ini timnas hanya mengandalkan pemain-pemain muda yang merumput di IPL. Sedangkan pemain senior yang lebih berpengalaman yang main di ISL tidak bisa membela timnas.

Namun ada sisi positif yang bisa diambil disini : karena pemain tidak banyak bongkar-pasang, maka ‘chemistry’ akan lebih cepat terbentuk. Pemain lebih cepat berbaur dan lebih saling mengenal. Hasilnya tinggal diasah pengalaman, maka timnas (harusnya) makin hari makin baik, walau belum diperkuat oleh para senior yang berpengalaman itu.

DI pertandingan melawan Irak kemarin, walau tiimnas kalah 1-0, seharusnya kita tidak menghujat timnas. Sengketa sepakbola lah yang menyebabkan merosotnya penampilan timnas. Menurut saya, pemain dan pelatih tidak bisa disalahkan karena mereka memang sudah menampilkan yang terbaik. Apalagi saat melawan Irak kemarin, saya sudah melihat permainan yang lebih berkembang dibandingkan saat melawan AFF. Kalaupun saya salah, setidaknya kita tidak ‘dibasmi’ Irak dengan skor telak. Penjaga gawang kita membuat banyak penyelamatan bagus dan hanya sekali kebobolan saja.

Banyak komentator yang bilang bahwa pengalaman memang berbicara. Sepertinya timnas sudah cukup pengalaman, sehingga saya percaya mereka bisa menang, minimal dalam dua pertandingan lagi.

Sisi positifnya lagi : kalau sengketa sepakbola sudah selesai, dan pemain muda berpengalaman ini bergabung dengan pemain senior yang juga berpengalaman, hasilnya pasti 2-3 kali lebih dahsyat. Karena itu, semoga sengketa cepat selesai.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Silahkan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s