Kebijakan Baru PT KAI Tentang Pembatalan Tiket KA

Sebetulnya topik ini sudah agak ketinggalan. Tapi karena saya pikir mungkin banyak orang yang belum tahu mengenai hal ini, maka ada baiknya saya bagikan pengalaman saya.

Dulu, kalau kita mau membatalkan tiket/menukar tiket, kita tinggal datang ke loket, bilang sama petugasnya kalau kita mau membatalkan tiket, lalu petugas akan memproses, dan uang kita akan dikembalikan setelah dipotong dengan potongan (25% dari harga tiket tidak termasuk biaya pemesanan, kalau saya tidak salah ingat). Sekarang, diterapkan kebijakan baru, yaitu tiket yang dibatalkan akan dikembalikan H+30. Iya, benar, paling cepat dikembalikan H+30. Berikut saya ceritakan pengalaman saya.

Hari itu, Sabtu 30 Maret 2013, saya berniat membatalkan tiket kereta Sancaka Pagi tujuan Solo Balapan – Surabaya Gubeng tertanggal 31 Maret 2013, karena saya diajak teman-teman saya untuk ke Surabaya bareng-bareng hari Senin. Jadilah saya ke stasiun Solo Balapan untuk membatalkan tiket.

Sesampainya di loket, saya diminta untuk mengisi formulir rangkap tiga.ย Di formulir itu anda akan diminta mengisi identitas, jumlah tiket yang dibatalkan (nanti tiket yang dibatalkan diserahkan ke petugas loket untuk dihitung jumlah pengembalian, jangan lupa bawa fotokopi KTP, pokoknya kalau anda pelanggan PT KAI, selalu siap fotokopi KTP minimal lima buah di dompet anda), lalu metode pengembalian. Ada dua metode pengembalian : transfer ke rekening anda, atau diambil di stasiun. Pilih salah satu. Kalau anda memilih transfer ke rekening, isi nomor rekening dan nama pemilik rekeningnya.

Kalau sudah selesai diisi, serahkan formulir, tiket asli dan fotokopi KTP ke petugas loket. Nanti petugas loket akan mengembalikan satu rangkap dari formulir itu untuk kuitansi sekaligus bukti kalau anda hendak mengambil di stasiun. Kebetulan karena saya membatalkan tiketnya tanggal 30 Maret 2013, maka uang saya baru bisa diambil tanggal 30 April 2013. Lama ya, bahkan ketika artikel ini saya tulis (tanggal 17 April 2013) uangnya belum saya terima, haha.

Yah, semoga pelayanan PT KAI semakin lama semakin baik, dan tidak memusingkan pelanggannya, baik dari segi harga maupun segi prosedur.

Sekian tulisan saya, mohon maaf kalau ada yang salah atau kurang, silahkan ditambahkan

NB : Sekarang uang pembatalan saya sudah dikembalikan. Dan kata customer service PT. KAI di Stasiun Surabaya Gubeng, lebih baik anda pilih opsi mengambil di stasiun untuk mengambil uang pembatalan, karena katanya kalau transfer lewat ATM kadang bisa telat, lagipula untuk anda pengguna internet banking Mandiri, sekarang ‘kan fitur pengecekan histori transaksi sudah dihapus, yang ada histori penggunaan internet banking Mandiri anda. CMIIW

12 Komentar

Filed under Kereta Api

12 responses to “Kebijakan Baru PT KAI Tentang Pembatalan Tiket KA

  1. Trus gimana mas? tanggal 30 april udah dikembalikan uang tiketnya? Lebih mudah transfer ato ambil sendiri di stasiun?

    • Mmmmm, sepertinya uangnya sudah ditransfer, namun saya tidak sempat mengecek di rekening. Tapi kemarin tanggal 27 April saya membatalkan tiket lagi di stasiun Gubeng. Waktu itu Customer Servicenya menyarankan opsi untuk mengambil di stasiun langsung karena lebih cepat. Karena saya membatalkan tiket tanggal 27 April, jadi uang pembatalan baru bisa diambil tanggal 27 Mei. Karena suatu kesibukan, saya baru bisa ambil tanggal 28 Mei. Ambilnya langsung ke loket tiket. Kalau menurut saya lebih enak lewat stasiun langsung. Namun sepertinya harus anda sendiri yang mengambil tiketnya karena akan dimintai KTP asli. Terimakasih sudah mau membaca ๐Ÿ™‚ . Semoga bermanfaat

      • Oke terimakasih mas infonya….udah dapet tiket sebetulnya, tapi tadi malem ada tiket promo di kereta api. trus ambil yg promo. Lumayan cm 10.000 o, iya biaya pembatalannya 25% ya?

      • Ya, biaya pembatalan 25% tidak termasuk biaya pemesanan (kalau anda pesan lewat online, telepon atau di minimarket). Jadi uangnya dikembalikan 75%

  2. oke, terimakasih mas infonya..

  3. LSM JPPK

    Tapi uang pembatalan tiket 30-45 hari lumayan juga ya…kalau dapat bunga bank,terus apakah bunga banknya milik PT.KAI,kan ngak mungkin unag tunai pembatalan tiket ditumpuk di gudang,pastinya di bank….bunganya bagaimana? penumpang kalau cancel tiket dipotong 25% ,pembatalan tiket dibungakan dulu dibank 30-45 hari…apakah ini bentuk reformasi pelayanan dari KAI..dengan alasan kebijakn dibuat demi menghindari calo….minim sekali yah mindset SDM KAI,,,selamat 1 lagi pelayanan penderitaan dari negara kita…amburadul,tidak memikirkan calon peumpang yang tidak mampu ,membutuhkan uang cancel tiket untuk kebutuhan yang urgent,….hebat-hebat …

    • praktisi hukum dan pengawas independent kinerja pemerintah

      Setujuh….disebutkan dari 50000 calon penumpang 20% dibatalkan,kebijakan dibuat demi menghindari praktek calo…miris sekali harus mengorbankan yang 80%…calo dibabat…calon penumpang jadi korban..PT.KAI harus menjelaskan status uang pembatalan tiket yang dideposit sampai 30-45 hari,apakah bunga banknya dijadikan sebagai pendapatan lain-lain (kue lain-lain) ,payung hukum atas diendapkan/deposit uang pengembalian tiket tersebut,mekanisme laporan dan kepemilikan bunga bank tersebut,harus diekspose secara transparan agar rakyat bangsa ini tidak terus menjadi paranoid,terus dibodohi dan dizalimi…sedikit aja jujur,sedikit aja trasparan biar bangsa ini tidak menjadi kutuk.

  4. kalau saya agak kecewa dengan kai mengenai pembatalan, karena pengalaman pribadi saya, tiket saya dibatalkan tanggal 03 Agustus 2013, sehingga pada formulir pembatalan dari kai tercantum tanggal transfer tanggal 02 September 2013, namun sampai dengan tanggal 23 September 2013 saya belum mendapatkan transferan dari kai atas pembatalan tiket tersebut, dan telah dikonfirmasikan,ke stasiun (karena pada formulir pendaftaran tidak ada no telpon yang bisa dihubungi untuk konfirmasi pembatalan tersebut), Dan disampaikan oleh petugas stasiun bahwa kemungkinan dana pembatalan akan ditransfer tanggal 04 Oktober 2013. Apakah proses dan prosedurnya terlalu lama begini????

  5. Saya juga punya pengalaman pembatalan tiket versi baru ini.Yang pertama, saya melakukan pembatalan tiket atas nama ibu saya, waktu itu bisa diambil tepat waktu di Sta Tanah Abang dengan membawa fotokopian KTP (Tiap stasiun sepertinya punya kebijakan masing2 mengenai KTP ini apakah harus asli atau fotokopi karena di PasarSenen harus bawa yang asli). Dari petugas bilang untuk pengambilan di Stasiun bisa dilakukan paling cepat 30 hari setelah pembatalan dan ditambah toleransi 15 hari. Pengalaman kedua, via transfer, sudah lewat hampir setengah bulan dari waktunya sampai saat ini belum ditransfer, sepertinya kalau membaca pengalaman teman-teman di atas memang harus diurus langsung ke stasiun kota. Trims untuk infonya.

Silahkan berkomentar

