10 Fakta Unik Seputar Singapore Open Super Series 2013

Pagelaran Singapore Open SS 2013 telah usai. Indonesia berhasil menjadi juara umum setelah wakil Indonesia berhasil menjuarai nomor tunggal putra, ganda putra dan ganda campuran. Turnamen ini juga menyimpan beberapa fakta unik. Apa saja ? Simak artikel ini

1. Tunggal Putra Cina Habis di R2

Du Pengyu, Wang Zhengming

Du Pengyu dan Wang Zhengming. Sumber gambar : AP

Seakan mengikuti tren di Indonesia Open SSP 2013 dimana tunggal putra Cina habis di QF, tunggal putra Cina sudah habis di R2, dimana Du Pengyu yang merupakan unggulan 1 dikalahkan oleh Marc Zwiebler yang sedang on fire dalam pertarungan tiga set, dan Wang Zhengming yang masuk unggulan 8 dipulangkan oleh Tommy Sugiarto dua set langsung.

2. Tommy Sugiarto adalah satu-satunya wakil Indonesia di Tunggal Putra dan Berhasil Juara

Tommy Sugiarto Sujud Syukur Setelah Menjuarai Singapore Open SS 2013. Sumber gambar : badmintonindonesia.org

Tommy Sugiarto Sujud Syukur Setelah Menjuarai Singapore Open SS 2013. Sumber gambar : badmintonindonesia.org

Kekalahan Wisnu Yuli Prasetyo dan Andre Kurniawan Tedjono di babak kualifikasi membuat Tommy Sugiarto harus berjuang sendirian di nomor tunggal putra. Beruntung putra Icuk Sugiarto ini berhasil mengalahkan lawan-lawan kuat dan melaju hingga final. Gelar ini sekaligus merupakan gelar pertama Tommy Sugiarto di level Super Series

3. Kemenangan ‘resmi’ pertama Tommy Sugiarto atas Nguyen Tien Minh di Turnamen Resmi BWF

Kemenangan Tommy Sugiarto atas Nguyen Tien Minh di semifinal merupakan kemenangan pertama Tommy Sugiarto atas lawan yang sudah mengalahkannya enam kali di turnamen resmi BWF. Sebenarnya di Djarum Superliga 2013 Tommy pernah mengalahkan Nguyen Tien Minh, namun kemenangan ini tidak masuk catatan BWF mengingat Djarum Superliga 2013 bukan turnamen resmi BWF.

4. Indonesia Masih Memiliki Wakil Lengkap Di Semua Nomor Hingga Semifinal

BCT0l9NCYAAWwJZ.jpg-large

Pia Zebadiah Bernadeth dan Rizki Amelia Pradipta. Sumber gambar : badmintonindonesia.org

Ada kemajuan yang besar di Singapore Open SS 2013 dibandingkan turnamen-turnamen sebelumnya, dimana wakil Indonesia tidak lengkap di semua nomor bila turnamen sudah melaju jauh. Kali ini Indonesia memiliki wakil lengkap di semua nomor hingga babak Semifinal, dengan perincian 1 wakil MS (Tommy Sugiarto), 1 wakil WS (Lindaweni Fanetri), 1 wakil MD (Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan), 2 wakil WD (Pia Zebadiah Bernadeth/Rizki Amelia Pradipta dan Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari), 2 wakil XD (Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen Jordan/Vita Marissa)

5. Sponsor pemain di Final

Victor mensponsori tiga wakil di final : Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Indonesia), Yoo Yeon Seong/Hye Won Eom dan Ko Sung Hyun/Lee Yong Dae (Korea Selatan). Begitu pula dengan Li Ning yang mensponsori tiga wakil yang semuanya berasal dari Cina (Li Xuerui, Wang Yihan, Tian Qing/Zhao Yunlei). Yonex pula mensponsori tiga wakil, dua dari Indonesia (Tommy Sugiarto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan) dan satu dari Jepang (Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi). Dan Wilson mensponsori Boonsak Ponsana (Thailand)

6. Harapan Baru Indonesia di Tunggal Putri

Lindaweni-Fanetri-badmint

Lindaweni Fanetri. Sumber gambar : solopos.com

Walaupun belum berprestasi maksimal, namun Indonesia punya secercah harapan di nomor tunggal putri yang sudah lama kehilangan gaungnya. Pada akhir tahun 2012, muncullah Lindaweni Fanetri, pemudi berumur 24 tahun asal Jawa Barat yang dibina di klub Jayaraya Suryanaga. Lindaweni menggebrak ranking 25 besar dengan menjadi juara di India Open Grand Prix Gold 2012, menumbangkan Sindhu P.V. Sempat tampil kurang maksimal pada Korea Open SSP 2013 dan Malaysia Open SS 2013, Linda kembali menggebrak di All England 2013 dengan ‘menendang’ unggulan 3 Wang Yihan dua set langsung di R1. Linda melaju hingga perempat final sebelum dikalahkan sang idola yang akhirnya menjadi juara All England 2013 yaitu Tine Baun asal Denmark. Linda yang dijuluki miss konde ini merupakan miss runner-up dengan meraih dua runner-up pada Vietnam Open Grand Prix 2012 dan Taipei Open Grand Prix Gold 2012.

Hanya mencapai R1 di Indonesia Open SSP 2013 setelah dikalahkan Saina Nehwal, Linda menggebrak hingga semifinal sebelum dikalahkan Wang Yihan yang akhirnya menjadi juara Singapore Open SS 2013. Dalam perjalanannya mencapai semifinal, Linda juga sempat mengalahkan Saina Nehwal dalam pertandingan tiga set.

Belaetrix Manuputty. Sumber gambar : merdeka.com

Belaetrix Manuputty. Sumber gambar : merdeka.com

Selain itu kita juga punya harapan pada pundak Bellaetrix Manuputti yang tampil lumayan baik tahun ini dengan mencapai perempat final Indonesia Open SSP 2013 dan nyaris mencetak sejarah dengan mengalahkan Li Xuerui sebelum akhirnya kalah di R2.

7. Pertama kali Indonesia Juara Umum Super Series

Sejak turnamen Super Series diadakan pada tahun 2007, baru pada tahun 2013 di Singapore Open SS 2013 ini Indonesia berhasil menjadi juara umum.

8. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan Perpanjang Rekor Kemenangan Lawan Ko Sung Hyun/Lee Yong Dae

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan saat menjuarai Malaysia Open SS 2013. Sumber gambar : pbdjarum.org

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan saat menjuarai Malaysia Open SS 2013. Sumber gambar : pbdjarum.org

Lagi-lagi, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan mengalahkan Ko Sung Hyun/Lee Yong Dae. Dan partai ketiga ini tetap seru, karena ada adu skill dari Lee Yong Dae vs Hendra Setiawan dan kita bisa melihat drop smash yang tajam dari Mohammad Ahsan. Kemenangan ini membuat agregat pertemuan Ahsan/Hendra vs KSH/LYD menjadi 3-0. Selamat Ahsan/Hendra, untuk sementara kalian adalah pemegang gelar Super Series nomor ganda putra terbanyak di tahun 2013. Keberhasilan Ahsan/Hendra menjuarai Singapore Open SS 2013 akan mengangkat ranking mereka satu strip ke peringkat 6 dunia pekan depan. Ini bekal yang bagus untuk pasangan Indonesia untuk menghadapi Kejuaraan Dunia 2013 di Guangzhou.

9. Hendra Setiawan Kembali Juara di Singapura, Ko Sung Hyun dan Yoo Yeon Seong Kembali Kalah di Singapura

Inilah fakta yang juga menarik. Pada final Singapore Open Super Series 2012, Hendra Setiawan bersama Markis Kido berhasil menjuarai Singapore Open Super Series 2012, mengalahkan Ko Sung Hyun yang saat itu masih berpasangan dengan Yoo Yeon Seong. Kala itu Kido/Hendra menang 22-20 11-21 21-6.

Yoo Yeon Seong juga lagi-lagi kalah, namun kali ini di nomor ganda campuran setelah ia dan pasangannya, Hye Won Eom ‘dipermak’ ganda campuran terbaik Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir 21-12 21-12

10. INDONESIA JUARA UMUM !

Inilah fakta terpenting dan terbaik :D. Indonesia berhasil menjadi juara umum untuk pertama kalinya di turnamen Super Series tahun 2013 berkat kemenangan di ganda campuran (oleh Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir), tunggal putra (oleh Tommy Sugiarto), dan ganda putra (oleh Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Badminton

Silahkan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s