Cara Yang Dijamin Berhasil Untuk Jago Sudoku

Artikel di blog ini mengenai Sudoku (Baca Empat Prinsip Bermain Sudoku) ternyata termasuk artikel yang paling sering dibaca bersamaan dengan artikel saya tentang bulutangkis yang lain. Sepertinya, minat bermain Sudoku, setidaknya di kalangan netter cukup tinggi. Dengan banyaknya aplikasi sudoku, baik di java, iOS, Android, maupun yang tersedia online di website dan facebook membuat main Sudoku tambah mudah aja.

Salah satu contoh Sudoku level menengah

Salah satu contoh Sudoku level menengah

Bagi pemula, main Sudoku memang susah. Setiap pemula pasti mengalami kesulitan pada saat awal-awal memainkan Sudoku. Ini dikarenakan mereka belum terbiasa bermain Sudoku, belum mendapatkan insting bermainnya. Kalau anda ingin menjadikan Sudoku sebagai keahlian anda, disamping keahlian dalam bekerja, bermain gitar, memasak dan lain-lain, saya punya beberapa tips yang saya ambil dari pengalaman saya :

1. Banyak-banyaklah main Sudoku, tapi jangan terlalu sering

Nggak perlu Sudoku yang susah-susah dulu. Mainkan saja mulai dari yang mudah, setidaknya mainkan sehari lima sampai sepuluh kali sehari. Lakukan rutin selama sebulan, maka perlahan-lahan anda akan jago. Anda akan dengan sendirinya melatih teknik “dasar” Sudoku.

Tapi ingat ! Jangan terlalu sering bermain Sudoku ! Pemula seperti saya kadang membutuhkan waktu sekitar 3 menit untuk menyelesaikan Sudoku yang mudah. Kalau anda mencoba menyelesaikan terlalu banyak Sudoku dalam satu waktu, anda akan membuang waktu berharga yang bisa anda gunakan untuk kegiatan lain yang lebih bermanfaat. Saya tidak mengatakan bahwa Sudoku itu buang-buang waktu, jadikan Sudoku sebagai selingan, dengan tidak melupakan kegiatan utama anda. Lagipula, kalau anda memeras otak untuk cepat-cepatan menyelesaikan Sudoku, anda akan kecapekan dan malah tidak punya tenaga untuk mikir yang lain. Sudoku itu menguras otak lho, kalau anda melakukannya dalam “Olympic Mode” (maksudnya adu cepat untuk menyelesaikan Sudoku).

2. Kuasai teknik “dasar” terlebih dahulu

Teknik dasar disini maksudnya adalah teknik standar yang digunakan dalam bermain Sudoku. Saya membagi teknik-teknik Sudoku menjadi teknik dasar dan teknik advanced. Teknik dasar seperti menentukan dengan cepat angka apa saja yang belum diisi dalam suatu baris vertikal, horizontal dan regio (satu kotak besar Sudoku), menentukan regio mana yang paling banyak terisi, angka apa yang paling banyak muncul dalam Sudoku anda. Menguasai teknik dasar membantu anda lebih cepat dan lebih efisien dalam bermain Sudoku.

3. Pelajari dan kuasailah teknik “advanced”

Teknik “advanced” digunakan untuk menyelesaikan Sudoku yang lebih susah. Karena nantinya dalam satu kotak bisa muncul lebih dari satu jawaban, jadi teknik advanced ini digunakan untuk memperkecil kemungkinan jawaban dalam satu kotak. Teknik ini wajib dikuasai untuk menyelesaikan Sudoku yang susah, karena kalau anda tidak menguasai teknik “advanced”, anda pasti membuang-membuang waktu untuk menyelesaikan Sudoku level Hard dan Expert.

Teknik advanced ini contohnya seperti Naked Pairs, Hidden Pairs, Naked Triples, Hidden Triples, Naked Quads, Hidden Quads, Y-wing, X-wing, XY-wing, XYZ-wing, Swordfish dan lain-lainnya. Nama teknik ini mungkin berbeda di internet.

4. Teliti !

Ketelitian sangat perlu untuk menyelesaikan Sudoku macam apapun, karena jawaban Sudoku terkait satu sama lain, maka satu saja jawaban Sudoku yang salah akan mengakibatkan Sudoku tidak bisa diselesaikan dan anda harus mengulang dari tempat anda melakukan kesalahan. Pada level Sudoku yang lebih tinggi, ada sebuah “kewajiban” yang disebut “pencilling” atau mempensili, yang tujuannya untuk menulis kemungkinan jawaban dalam suatu kotak dengan menggunakan pensil. Disini anda harus teliti, kalau salah maka semuanya akan kacau. Oya, saat melakukan pencilling gunakan teknik dasar anda supaya pencilling menjadi lebih cepat.

5. Sesekali mainkan Sudoku yang susah

Butuh tantangan ? Kalau anda merasa sudah jago atau bosan main yang level-level biasa saja, coba mainkan Sudoku yang susah, dengan segenap kemampuan anda. Nanti anda akan rasakan kemampuan anda untuk menyelesaikan Sudoku yang levelnya di bawah Sudoku yang anda selesaikan tadi meningkat tajam, karena selain anda telah melatih kemampuan anda, anda telah mengetahui seperti apa Sudoku yang sulit, sehingga anda dapat mengambil pelajaran dan menerapkannya.

Sekian saja tips yang saya berikan. Ada masukan lain ? Silakan masukkan di komentar. Terimakasih !

Iklan

2 Komentar

Filed under Sudoku

2 responses to “Cara Yang Dijamin Berhasil Untuk Jago Sudoku

  1. indra

    makasih bos, ane baru 3 hari ini main sudoku, seru enjoy, apalagi kalo di sela-sela menunggu yang boring. dan sepertinya ini termasuk game yang adiktif.

Silahkan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s