Tidak Ada Yang Instan : Copas Dari FP Prof Yohanes Surya

Berapa lama untuk melatih seseorang menjadi juara dunia olimpiade fisika?

Dibutuhkan minimal 2 bulan untuk meraih medali perunggu (Oki Gunawan peraih perunggu pertama IPhO dilatih siang malam selama 2 bulan, sampai-sampai rambut beberapa peserta rontok saking kerasnya belajar).

Dibutuhkan minimal 7 bulan untuk meraih medali perak (Perak pertama diraih Teguh Budimulia lewat pelatihan 5 bulan jarak jauh dan 2 bulan intensif)

Untuk medali emas pelatihan intensif (pagi sampai malam) harus dilakukan 1-2 tahun (emas pertama Made Agus Wirawan butuh sekitar 2 tahun, Absolute winner IPhO 37 Jonathan Mailoa butuh 1,5 thn)

Mengapa butuh waktu yang begitu lama? Karena dasar ilmu yang diperoleh di sekolah masih jauh sekali dari level olimpiade dan…. jangan lupa, pesaing kita adalah pelajar terbaik dari seluruh dunia…

Faktor sukses lain adalah tim pelatih yang hebat (menguasai materi olimpiade fisika) yang mau bekerja full time (bukan sambilan).

Faktor siswa dengan motivasi tinggi juga penting, lebih disukai siswa dengan tingkat kecerdasan diatas rata-rata. Untuk mereka dengan tingkat kecerdasan rata-rata atau dibawah, dibutuhkan waktu lebih lama (ada satu siswa dengan IQ 106, meraih medali emas dengan waktu pelatihan 1 thn lebih lama dari biasanya).

Ada yang unik (ini untuk anak SD), beberapa anak dari pedalaman Papua dng IQ sekitar 80-90, mampu meraih medali emas olimpiade matematika SD tingkat Asia setelah dilatih 3 tahun. IQ anak pedalaman ini sekarang diatas 140. Tiga anak Papua peraih emas ini sedang disiapkan untuk olimpiade fisika tingkat SMA di Science and Math Olympiad Center Surya Univ.

Kesimpulan: sukses olimpiade karena guru hebat yang penuh dedikasi + metode/strategi training yang mantap + siswa bermotivasi tinggi.

Sumber : http://www.facebook.com/YS.OFFICIAL?fref=ts

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Silahkan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s