Sekarang Bukan Lagi Jaman Pencurian Pulsa, Tapi Pencurian Kuota !

Modus “pencurian” yang merugikan pelanggan seluler dan internet terus berkembang sesuai dengan perkembangan jaman. Kalau yang berkembang teknologinya, oke sih, kita semua bakal kasih jempol. Masalahnya, yang berkembang adalah kejelekannya, capek deh. Kalau tahun lalu Indonesia diguncang oleh kasus pencurian pulsa, sampai-sampai layanan konten premium yang ketik REG kirim ke 4 nomor itu dibekukan (lumayan sih, setidaknya TV swasta nasional bersih dari iklan-iklan semacam itu yang sudah menghiasi TV swasta nasional selama dua tahun), sekarang pengguna internet mau tidak mau harus menghadapi fenomena yang saya sebut sebagai “pencurian kuota”.

Kenapa saya sebut pencurian kuota ? Karena kuota paket internet kita yang sudah kita bayar berlangganan “dicuri dengan paksa” oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab, dan dengan sepengetahuan kita ! Kok bisa ? Ya, mereka mencurinya lewat iklan video !

Iklan video ini bisa ditemukan mulai dari youtube (yang sering youtube-an pasti sering disuguhi iklan, mulai iklan es krim, serial TV hingga iklan sabun pencuci baju) hingga pop-up yang sering muncul saat kita download file di situs download file gratisan. Parahnya lagi, iklan video ini selalu memutar dirinya sendiri tanpa kita minta, inilah kenapa saya menyebutnya dengan pencurian kuota. Kalau kita terkoneksi ke internet lewat WiFi atau internet kabel macam Spidol (nama merk saya samarkan) mungkin tidak akan terasa. Namun buat mahasiswa yang hanya bisa berlangganan paket internet yang kuotanya maksimal 1-2 GB sebulan, pencurian ini akan terasa.

Apalagi saat iklan video ini diputar, kita sudah kehilangan kuota lewat proses buffering. Bagi yang koneksinya lambat, iklan ini pasti akan langsung disadari dan bisa ditutup sebelum sempat buffering, sehingga bagi mereka yang kecepatan internetnya lambat, kemungkinan kuota tercuri mungkin kecil, kalaupun ada juga akan kecil. Namun bagi yang internetnya cepat, video sudah melakukan buffering, mungkin sampai full, ketika iklan video itu sudah berputar. Sekedar info, video dengan durasi tiga puluh detik saja bila di-download ukurannya sekitar 1,2 MB (kualitas 240p) atau 2,2 MB bila kualitasnya 360p dan membengkak jadi 4 MB bila kualitasnya 480p. Anggap saja video dengan kualitas standar sebesar 240p, maka kalau video ini terputar, kita bisa kehilangan kuota sebesar 1,2 MB. Kalau dalam sehari kita ketemu iklan video semacam ini lima kali, kita bisa kehilangan 6 MB. Kalau dalam sebulan, kita bisa kehilangan 180 MB ! Kalau yang kecepatan internetnya dewa, bisa kehilangan lebih banyak karena proses buffering yang lebih cepat.

Lalu bagaimana cara mengatasinya ?

Beberapa waktu lalu, saya sempat browsing di Google karena saya lama-lama jengkel setiap mau nonton video bulutangkis di youtube atau waktu mau download di situs download gratisan selalu banyak iklan video, dan banyak pengguna internet yang menyarankan menggunakan extension Adblock dan Skip video ads on youtube untuk Google Chrome. Saya menggunakan kedua extension ini dan alhamdulillah, saat saya browsing saya bebas iklan. Jadi enak, kalau kita facebook-an, gak ada lagi iklan-iklan aneh, pas nonton youtube gak ada lagi iklan pas mau nonton video, dan iklan video hampir tidak muncul. Untuk mendownloadnya, masuk di disini : Adblock dan Skip video ads on youtube. Selamat mencoba !

Catatan : Beberapa situs download file gratis seperti UpToBox akan meminta anda untuk mematikan AdBlock. Kalau situs ini minta, anda bisa matikan AdBlock anda. Yang sering download film di ganool.com pasti tahu.

Iklan

7 Komentar

Filed under Internet, Tips Blog

7 responses to “Sekarang Bukan Lagi Jaman Pencurian Pulsa, Tapi Pencurian Kuota !

  1. sundono

    mending vidio sekarang lebih sadis lagi selagi kamu pakai internet kuota kamu disedot dng cepat dalam 1,2 menit saja bisa 50Mb habis bagi yg awam tidak perhatikan bahkan kamu tutup smua aplikasi kuota jalan terus sangat merugikan bagi yg beli paket volume tujuannya agar pulsa termakan
    terutama smsrfren hati hati modus baru operator

  2. MASIH BISA KO DI AKALIN BIAR KUOTA GA HABIS HABIS..TANPA KUOTA JUGA MASIH BISA ONLINE.HEHEHEHE

  3. Lee hye ji

    sipp gan info nya..

  4. Lee hye ji

    sip gan infonya

  5. Raizky.uchiha

    Gua jg pernah baru aja seminggu lalu,pertama ane beli pulsa RP.75.000 untuk reg paket Xl hot rod RP.50.000 nah terus dipake adik ane internet via pc truzzzz,paginya gx konek dan ane kira XL lagi troble.jadi ganti kartu cadangan indosat kuota 3gb itupun tinggal 1gb. nah karna udah 4 hari gaks konek ane cek tuh kuota lho masih utuh tuh? terus ane pindah to indo lagi untuk cari cara cek kuota alternatif lewat web xl resmi nah ketemu dengan ketik kuota krm 898.abis ane cek loh kok aduh!! kuota segitu banyaknya lenyap kayak abis ditelan bumi!!!.nah ane mikir nih kok bs ilang biasanya gak tuh. Terus ane tanya adik gw dia jawab “kemarin saya pakek youtubean kak tapi video gak play keluar iklan terus terusan di hp kakak keluar sms terima kasih telah bla bla bla”ane langsung teriak SIALLLL KUOTA 50 RB MELAYANG DALAM 1 HARI BUKAN CUMA ITU PULSA 25.000 JUGA TINGGAL 5.000!!!!dan setelah liat postingan ini ane sadar bahwa iklan bikin kesel gak di TV.di youtube.di download link.di pinggir jalan.di mana mana skrng banyak iklan!

Silahkan berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s