Category Archives: Berita

Tiada Badai Tiada Topan Kau Temui Di Indonesia

Bukan lautan, hanya kolam susu

Kail dan jala cukup menghidupimu

Tiada badai tiada topan kau temui

Ikan dan udang datang menghampirimu

Saya dapat ide menulis artikel ini setelah membaca di berbagai media internet, kalau Amerika Serikat dan beberapa negara di Amerika Tengah bersiap menghadapi ancaman topan ganas yang dinamakan Topan Sandy. Topan ini sudah merenggut nyawa puluhan orang saat menghantam Kuba. Dan ketika topan ini hendak menuju kawasan pantai timur Amerika Serikat, keadaan siaga segera diumumkan.

Walikota New York, Michael Bloomberg segera mengumumkan keadaan siaga. Kereta komuter dan transportasi umum akan dihentikan bila topan ini menuju New York, karena dikhawatirkan akan terjadi korban jiwa besar. Memang, kawasan pantai timur Amerika Serikat adalah yang akan dituju oleh topan berkecepatan hingga 175 km/jam ini, dan New York adalah salah satu negara bagian yang berada di kawasan timur Amerika Serikat. Belum lagi dampak ekonomi yang diakibatkan oleh serangan topan ini. Ketika badai Katrina menyerbu Amerikas Serikat pada tahun 2005, perekonomian Amerika Serikat sempat memburuk di triwulan saat badai Katrina menyerang, karena sejumlah aktivitas perdagangan dan pekerjaan tidak bisa dilakukan. Apalagi wilayah yang kemungkinan akan terkena dampak topan Sandy mencapai seperempat wilayah Amerika Serikat, dengan lebih dari 10 juta penduduk terkena dampak langsung. Bahkan, jadwal kampanye presiden Obama dan Mitt Romney pun terpaksa direvisi karena topan Sandy, bukti bahwa alam yang dikendalikan Tuhan tidak bisa diatur oleh manusia, bahkan oleh presiden Amerika Serikat sekalipun.

Saya bersyukur, di Indonesia kondisi topan seperti ini tidak terjadi. Memang, ada beberapa kejadian angin ribut, tapi tidak ada topan yang setiap tahun sudah ‘dijadwal’ untuk menyerang berbagai kawasan Amerika Serikat. Menurut informasi yang saya baca di buku dan lihat di TV, topan (atau tornado ?) terjadi bila ada massa udara besar bersuhu panas dan dingin bertabrakan. Hal ini akan menimbulkan pusaran udara besar yang akan bergerak, dan sangat merusak. Di Amerika Serikat dan Amerika Tengah (utamanya kepulauan Karibia), sangat rawan terkena bencana ini. Di kawasan ini, topan bisa terjadi karena pertemuan udara hangat di kawasan Teluk Meksiko dan udara dingin yang berhembus dari Rocky Mountain.

Karena itu di Amerika Serikat, gedung-gedung dirancang tahan angin. Di Hong Kong, gedung-gedung pencakar langit juga didesain tahan goncangan angin, dengan rata-rata pergeseran puncak gedung akibat angin maksimal 5 cm (lihat dari film Perfect Disaster MetroTV, acara TV yang menjelaskan proses terjadinya bencana besar).

Alhamdulillah, di Indonesia tidak ada bencana seperti ini, karena baik laut dan gunung tinggi semua terletak di daerah tropis yang suhunya hangat, sehingga peluang terjadinya tabrakan massa udara besar dengan suhu berbeda kecil. Harusnya bertambah lagi rasa syukur kita pada Allah karena kita tinggal di Indonesia.

Namun yang namanya ‘Badai’ kehidupan tetap ada lho

Iklan

1 Komentar

Filed under Berita, Diary

Alasan Kenapa Situs PON Riau 2012 Tidak Bisa Diakses

Sebagai orang Jawa Tengah (saya dari Solo) dan sebagai penggemar bulutangkis, saya sangat antusias dengan pagelaran PON 2012 ini. Apalagi, Jawa Tengah menargetkan medali emas PON, serta tim bulutangkis Jawa Tengah diperkuat oleh banyak pemain-pemain timnas badminton, seperti Dionysius Hayom Rumbaka, Maria Febe, Riyanto Subagja, Tantowi Ahmad, Debby Santoso, Rizki Amelia Pradipta dll. Berbekal pengalaman mengikuti bulutangkis di Olimpiade 2012 melalui situs resmi Olimpiade, saya pun jadi sering berkunjung ke situs resmi PON Riau 2012 di ponriau2012.com.

Namun saya kecewa, karena berkali-kali saya coba akses dan hasilnya nihil. Situs ini sering sekali down, kalau tidak mau dibilang tidak bisa dibuka. Untungnya, hal yang sama tidak terjadi pada m.ponriau2012.com , situs PON Riau 2012 versi mobile, walau saya belum menelaahnya lebih jauh. Begitu pula dengan situs portal.ponriau2012.com yang lancar ketika dibuka.

Menurut kabar dari detiksport, saat ini panitia PON Riau 2012 sedang mempersiapkan server dan perbaikan konten yang akan menampilkan hasil pertandingan. Jadi ini alasan mengapa situs PON Riau 2012 masih ngadat. Berpikir positif, mungkin ini adalah persiapan dari panitia untuk memberikan informasi PON yang update, cepat dan terpercaya. Harapan saya, situs ini nanti kualitasnya setara dengan situs Olimpiade 2012 kemarin. Semoga bisa, hehe.

Pada akhirnya, semoga Jateng berhasil menjuarai PON 2012 ini, terutama dari bulutangkis dan angkat besi, dan juga semua cabang olahraga lainnya. Maju Jateng !

Referensi : http://sport.detik.com/read/2012/09/08/151410/2012101/1445/media-center-utama-mulai-difungsikan-situs-resmi-suka-ngadat

Tambahan : Berita PON Riau 2012 bisa diakses juga di FB dan Twitter

2 Komentar

Filed under Badminton, Berita, indonesia, PON Riau 2012

Kekonyolan Lia Eden

Indonesia memang negara yang cukup unik, salah satunya dengan kasus nabi palsu dan aliran sesat. Mulai dari yang paling hot : Ahmadiyah. Yang paling baru : Aliran Mesum. Banyak juga ya, sampai aku nggak bisa menghafal mereka satu persatu. Namun ada satu yang akan kubahas, dari kategori paling goblok dan paling konyol: KERAJAAN TUHAN EDEN.

Semua orang di dunia tahu, bahwa tuhan itu maha kuasa. Tuhan masa segalanya, maha kuat, maha baik. Tapi perkataan Lia Eden yang satu ini cukup lucu dan menunjukkan kebodohan Kerajaan Tuhan Eden. Perkataan itu tidak lain adalah :
“Kok berani-beraninya kalian menangkap tuhan ?”

Itulah perkataan Lia Eden saat ditangkap polisi terkait kasus penerbitan fatwa pembubaran semua agama. Kurang ajar bener makhluk satu ini. Agama kok dibubarin, memangnya apa hak dia ?
Mari kita cermati perkataan di atas. Semua orang tahu tuhan maha segalanya, jadi nggak mungkin banget ‘kan Tuhan ditangkap. Kalau memang dia itu Tuhan, pasti dia sudah melepaskan diri sebelum ditangkap, dan mungkin kabur ke masa depan (He…He…He). Lia, Lia, kok bisa Indonesia punya manusia sekonyol kamu ?

Apa pendapat kamu ?


Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Diary, Opini

Israel Kembali Serang Gaza

Meskipun sudah ada sinyal-sinyal perdamaian, namun Israel masih saja menyerang Gaza, berikut ini berita yang saya ambil dari okezone.com

Senin, 2 Februari 2009
GAZA CITY – Israel melakukan serangan udara ke Gaza Minggu malam waktu setempat. Selain memborbardir perbatasan Gaza-Rafah, Mesir, roket dari jet-jet tempur Israel juga menghantam sebuah kantor polisi di kota Gaza.

Seorang saksi mata seperti dikutip CNN, Senin (2/2/2009) mengatakan akibat roket-roket yang dilepaskan dari pesawat F-16 itu, tiga orang mengalami luka. Sebelumnya, militer Israel memang mengumumkan akan melakukan serangan pada Minggu malam, namun mereka tidak menyebutkan targetnya secara jelas.

Pada Minggu pagi kemarin, Perdana Menteri Israel Ehud Olmert menjanjikan serangan balasan atas tembakan sepuluh roket pejuang Gaza ke wilayah selatan Israel. Menurut otoritas Israel, akibat serangan itu, dua tentara Israel dan seroang warga sipil mengalami luka ringan.

Sejak diumumkan gencatan senjata sepihak Israel pada 18 Januari lalu, militer Israel sudah berkali-kali menyerang perbatasan Gaza dengan dalih melumpuhkan suplai senjata Hamas yang dikirim melalui terowongan-terowongan bawah tanah.

Selain itu, Israel geram dengan kematian seorang tentaranya pada Selasa pekan lalu akibat ledakan ranjau di perbatasan Kissufim. Sementara pejuang Gaza membalas serangan itu menembakkan roket-roketnya ke selatan Israel. Kota yang menjadi sasaran roket adalah Sderot.

Rabu, 4 Februari 2009
GAZA – Jet-jet tempur Israel kembali memborbardir wilayah selatan Gaza pada Selasa malam. Serangan ini diklaim sebagai balasan roket pejuang Gaza yang menghantan kota Ashkelon di hari yang sama.

Diberitakan Reuters, Rabu (4/2/2009), seperti serangan sebelumnya, roket dari jet-jet tempur Israel menghantam terowongan dan kompleks sayap militer Hamas. Tidak ada laporan korban jiwa akibat serangan itu. Warga di sekitar terowongan juga sudah mengantisipasi serangan itu, meski mereka terus berupaya memperbaiki terowongan yang menurut mereka merupakan penyambung hidup.

Sejak perbatasan ditutup Juni 2007 lalu, warga kekurangan bahan makanan. Seiring kondisi itu, warga membuat terowongan-terowongan itu sebagai jalan suplai makanan.

Perdana Menteri Israel Ehud Olmert sebelumnya mengancam akan melakukan serangan terkait aksi peluncuran roket dari Gaza. Namun Menteri Pertahanan Ehud Barak membantah bahwa Israel akan melakukan gelombang serangan baru ke Gaza. Barak hanya menyatakan serangan Israel hanya untuk merespon tembakan roket pejuang Gaza.

Namun tidak ada penjelasan faksi pejuang Gaza apa yang melakukan serangan itu. Setidaknya ada dua faksi di Gaza yang melakukan serangan roket selama dua pekan lebih invasi Israel ke Gaza, yaitu Hamas dan Jihad Islam.

Hamas sendiri kini aktif melakukan diplomasi di Mesir untuk mencari solusi gencatan senjata jangka panjang. Pada Selasa kemarin Hamas menawarkan proposal gencatan senjata baru selama setahun jika Israel mau membuka blokade seluruh perbatasannya. Sebagai jaminan, Mesir juga akan melakukan pengawasan terhadap penyelundupan senjata ke Gaza.

Namun Israel nampaknya tak sepakat dengan kesepakatan di meja diplomasi. Untuk itu, pada 18 Januari Israel mengumumkan gencatan senjata sepihak. “Kami lebih memilih melakukan sesuatu sendiri tanpa harus membuat deklrasi,” kata Olmert saat melakukan kunjungan ke wilayah utara Israel.

Walikota Ashkelon Benny Vaknin mengatakan, serangan roket pejuang Gaza kemarin menghantam lokasi terbuka, meski berada di tengah pemukiman penduduk. Tidak ada laporan kerusakan dan korban jiwa.

Kamis, 5 Februari 2009
TEPI BARAT, PALESTINA – Tak hanya di Jalur Gaza, aksi brutal Israel juga terjadi di wilayah Palestina lainnya, yaitu Tepi Barat. Pasukan Israel Kamis ini membunuh seorang warga di rumahnya sendiri.

Diberitakan Press TV, Kamis (5/2/2009), peristiwa itu terjadi Kamis ini di kota Qabatiya wilayah utara Tepi Barat.

Menurut otoritas keamanan Palestina, pria 21 tahun bernama Ala Abu Al Rub tewas ditembak Israel. Rub merupakan anggota brigade Al Quds yang merupakan sayap militer Jihad Islam.

Kejadian ini semakin membuat kondisi Tepi Barat mencekam. Pada rabu kemarin, pasukan Israel menangkap paksa 12 warga Gaza. Di antara warga yang ditangkap, terdapat dua remaja berusia 15 tahun.

Meski menghentikan serangan di Gaza, Israel justru meningkatkan patroli di Tepi Barat. Sepanjang malam pasukan Israel melakukan patroli. Setelah menangkapi mereka juga membunuh.

Kamis, 5 Februari 2009
DUBAI – Kapal Angkatan Laut Israel menembaki kapal bantuan kemanusiaan untuk Gaza asal Lebanon Kamis ini. Beberapa pasukan Israel juga masuk ke dalam kapal menendang dan memukuli penumpangnya.

Beberapa orang dilaporkan terluka akibat serangan itu.

“Mereka (Angkatan Laut Israel) mengarahkan tembakannya ke arah kapal. Ada banyak tentara Israel yang naik ke kapal kami,” ujar Salam Khoder, koresponden stasiun televisi Al Jazeera dan dikutip Reuters, Kamis (5/2/2009). Khoder sendiri saat itu turut dalam rombongan kapal Lebanon.

“Tiga tentara Israel mengarahkan senjatanya kepada kami. Mereka juga memukul dan menendang kami,” ungkap Khoder dalam laporan langsungnya melalui telepon. Al Jazeera berusaha menghubungi Khoder kembali namun gagal. Tak diperoleh keterangan ada berapa penumpang saat itu.

Kapal Lebanon itu mengangkut bantuan dari lembaga bantuan Lebanon dan Arab yang dikumpulkan oleh Palestinian National Committee Against the Siege yang bekerja sama dengan organisasi bantuan Gaza yang berbasis di Amerika Serikat Free Gaza Movement.

Pada Rabu malam, kapal perang Israel juga mencegat kapal Lebanon yang mengangkut bantuan untuk warga Gaza. Kapal bernama Lenanese Fraternity itu dicegat sekira 32 km dari pantai Gaza. Di dalam kapal juga terdapat relawan dari Palestina dan Inggris.

Apa Pendapat Kalian ?

2 Komentar

Filed under Berita, Israel, Kritik, Opini, Palestina

Jalan Berlubang yang Sudah Minta Korban

DSC00112 DSC00113

LUBANG-LUBANG DI JALAN YANG CUKUP MEMBAHAYAKAN DAN BIKIN JALAN ANDA TIDAK NYAMAN. (SUMBER : DOKUMENTASI PENULIS)

Pasti sudah banyak yang melihat, atau pernah mengalami jalan-jalan berlubang. Memang menjengkelkan, kita harus jalan pelan jika melewatinya, dan jika lagi apes, bisa merusak roda kalo ngebut waktu melewatinya.

JALAN BERLUBANG MERASA KESAL KARENA IA TERUS DILINDAS KENDARAAN-KENDARAAN YANG KEDUA BELAH PIHAK MERASA DIRUGIKAN, KARENA TIDAK TAHAN, IA MINTA KORBAN, YANG SALAH SATUNYA ADALAH SOPHAN SOPHIAN

Namun, pembaca, ada yang lebih membahayakan lagi, ternyata saudara dari jalan berlubang ini (maksudnya ada di tempat lain) sudah minta korban, yang salah satunya adalah Sophan Sophian.

“SAYA PIKIR UANG PAJAK DIGUNAKAN UNTUK MEMPERBAIKI JALAN DEKAT RUMAH SAYA YANG BOLONG-BOLONG, TAPI KOK SUDAH BERTAHUN-TAHUN SAMA AJA (TUKUL ARWANA, M.TEMPOINTERAKTIF.COM)

Presenter Empat Mata dan artis Tukul Arwana, salah satu warga Indonesia yang taat bayar pajak, mengaku kaget melihat jalan-jalan dekat rumahnya tetap berlubang. Kepada wartawan (saya baca di m.tempointeraktif.com) ia berkata, “Saya pikir uang pajak digunakan untuk memperbaiki jalandekat rumah saya yang bolong-bolong, tapi kok sudah bertahun-tahun sama aja (tetap berlubang)”

Hasil akhir sih tetap tergantung ama Dinas Lalu Lintas dan pemerintah. Oke lah, kita semua ngerti kalau pemerintah lagi banyak masalah yang butuh uang, namun jalan-jalan berlubang harus diperbaiki ya pak.

Di solo, penanganan jalan berlubang sudah cukup baik (malahan sangat baik). Jika ada jalan yang berlubang, dalam waktu 1 minggu atau beberapa hari sudah diperbaiki. Kita harap pemerintah di daerah lain juga melakukan hal yang serupa.

N.B Buat owner Fajar Indah, Solo, mohon jalan-jalannya diperbaiki, karena sudah ada yang makan korban.

MAJU TERUS, INDONESIA !

1 Komentar

Filed under Berita, Kritik, Opini

Sumbang kambing dan uang untuk cegah golput

Saya cukup terkejut melihat berita di koran tempo beberap hari lalu, di situ tertulis pilkada di daerah X menggunakan kambing dan uang untuk menekan angka golput.

Saya tidak melihat ada kecurangan dalam praktek ini, apalagi tujuannya bagus demi kemajuan demokrasi di Indonesia, menekan pertimbuhan golput. Tapi saya juga sedih, apakah ini pertanda bahwa golput susah diberantas hanya dengan silat lidah ?

Apakah benar begitu ? Sepertinya golput susah diberantas. Hal ini pernah saya bahas dalam artikel di bulan lalu. Tapi jika butuh kambing dan uang untuk cegah golput, trus mau jadi apa golput nanti, apakah nanti harus pake rumah atau uang 1 milyar buat cegah golput ? Kalau sudah begini ‘kan nanti bisa dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk tindakan yang nggak bener, masalah bisa gawat dong !

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Kritik, Opini

Presiden Tegur Peserta Tidur (Suara Anda, 8 April 2008)

Presiden Marah ! Ini disebabkan karena para bupati yang diajak rapat malah tertidur ! Rapat di gedung ber-AC memang bikin ngantuk.
Rapat ini membahas kemajuan rakyat, tetapi para wakil rakyat yang seharusnya mendengarkan dengan seksama malah tidur. Kurang ajar banget sih !
Presiden naik pitam, ia lalu berkata dengan sangat marah, “Yang tidur itu, lebih baik diluar saja. Kita saat ini sedang membahas sola rakyat. Kita sebagai pemimpin menanggung tanggung jawab yang berat. Kalian ini dipilih sendiri oleh rakyat. Apa kalian tidak malu jika seperti ini. Para pemimpin saja tertidua saat sidang. Mau jadi apa bangsa ini ?”
Yang tidur hati-hati ! Kemungkinan kalian dipecat 99,99 %
Setelah sidang, presiden menyempatkan diri bertemu dengan beberapa menteri. Ia menyatakan kekecewaannya akan RUU Pemilu yang memakan waktu dan menghabiskan biaya.
Sip ! Presiden bersikap tegas ! Apakah SBY adalah pewaris dari presiden Soekarno ? (soalnya sikapnya itu mengingatkan gue ama presiden Soekarno)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Opini